Tuesday, June 15, 2021
Home Berita Peringati Hari Santri, PATWA Adakan Marhabanan Hingga Upacara  

Peringati Hari Santri, PATWA Adakan Marhabanan Hingga Upacara  

Hari Santri Nasional Tahun 2020 ini dihadapkan pada situasi Pandemi covid-19. Namun, tidak menyurutkan semangat para santri untuk menyambut dan memperingatinya. Seperti yang dilakukan santri Pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) Mertapada.

Malam itu, Rabu (21/10/20) suasana langgar PATWA nampak ramai dipadati para santri. Mereka memeriahkan acara penyambutan hari santri nasional tahun 2020. Mulai dari sholawatan hingga Marhabanan.

Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB, dibuka dengan penampilan grup hadroh PATWA melantunkan beberapa lagu sholawat, salah satunya yaitu ‘Ya lal Wathon’. Sholawat ini dinyanyikan guna membangkitkan semangat para santri.

Usai pembukaan, acara dilanjut dengan pembacaan Maulid Ad-Diba’i dan Barzanji atau biasa dikenal Marhabanan. Saat Marhabanan berlangsung, antusiasme para santri memuncak ketika ‘Mahallul Qiyam’. Suasana acara tersebut terasa begitu khidmat, meski ditengah gerimis yang cukup besar.

Tidak berhenti di malam itu, gebyar kemeriahan peringatan hari santri masih berlanjut di pagi harinya, kamis, (22/10). Pukul 07.30 WIB, acara dibuka dengan penampilan drumband PATWA. Kemudian dilanjut dengan Upacara Peringatan Hari Santri.

Dalam kesempatan tersebut ratusan santri dan siswa mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA) nampak mengikuti upacara tahunan tersebut.

Upacara ini dipimpin oleh Kepala Madrasah Aliyah Agama Islam (MAAI) Mertapada, Ust. Aris Ahmad Syatori. Dalam amanatnya, Kang Aris biasa disapa berpesan kepada seluruh santri untuk melanjutkan perjuangan jihad yang dilakukan oleh para ulama.

“Santri harus mampu melanjutkan jejak perjuangan para ulama, salah satunya yaitu dengan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu,” ungkapnya.

Usai upacara, seluruh santri membacakan nadzom Aqidatul Awam dan Doa Ya Robbibil. Mereka membacakannya dengan khidmat, dalam keadaan berdiri dan diiringi penampilan drumband.

(Abdul Mu’izz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Khidmat Ikuti Acara di Penghujung Ramadhan 1442 H

Di malam ke-29 ramadan, halaman pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) Mertapada, dipenuhi ratusan santri yang hendak mengikuti rangkaian acara. Doa Takhtimul Kutub ngaji pasaran,...

Bergiat di Sepertiga Ramadhan

Oleh: Abdul Ghoni Dapat kita hitung bersama, Sepertiga atau 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini merupakan pembagian dari tiga fase. Dijelaskan oleh Imam Al...

Kaidah Mencari Lailatul Qadar

Oleh: Abdul Ghoni Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan, menjadi sangat istimewa bagi mereka yang mendambakan malam Lailatul Qadar. Hal ini tentunya sudah banyak yang...

Fun Brewing Collaboration di Malam Ta’dzim Nuzulul Qur’an

Sejumlah Barista (Peracik Kopi) dari beberapa kedai kopi yang tergabung dalam wadah Seduh`Lur Cirebon Timur, mengadakan Fun Brewing pada Acara Malam Ta’dzim peringatan Nuzulul Quran di Pesantren...

Recent Comments

Rohmah on ALAM BERNYANYI
Rohmah on ALAM BERNYANYI
Bang Syatori on MEMBUMIKAN TUHAN
Suheli on MEMBUMIKAN TUHAN