Monday, February 6, 2023
Home Inspirasi Mukadimah Kitab Bidayatul Hidayah | Catatan Ngaji Diniyah PATWA

Mukadimah Kitab Bidayatul Hidayah | Catatan Ngaji Diniyah PATWA

Oleh : M Abdul Ghoni

Setelah mengkhatamkan Ngaji kitab Qurrotul ‘Uyun, agenda Madrasah Diniyah (MD) PATWA selanjutnya yaitu Ngaji Kitab Bidayatul Hidayah. Pengajian ini dibuka pada Jumat (26/06/2020) malam, yang dibacakan dan diterangkan oleh Ust Agus Syukri Mubarok S.Pd.I.

Kang Agus Syukri memaparkan, kitab Bidayatul Hidayah ditulis oleh Imam Al-Ghozali. Kala itu, salah seorang guru kepercayaannya yang menjadi teladan dalam perjalanan hidupnya yakni Syaikh Al-Imam Az-Zahid, meminta Imam Ghozali untuk memberikan keterangan berisi petuah dan nasihat, serta uraian singkat seputar landasan akidah yang wajib diyakini oleh seorang mukallaf.

Permintaan dari gurunya itu dijawab oleh Imam Al-Ghozali. Dengan penuh tawaddu, beliau mengatakan, “Bicara tentang nasihat, pribadiku tidak pantas memberikannya”. Perkataan tersebut berdasar pada sabda Nabi SAW “Aku tinggalkan dua pemberi nasihat: yang berbicara dan diam”.

Imam Al-Ghozali menilai, dua pemberian nasihat itu cukup bagi siapa pun yang ingin mengambil nasihat. Beliau menafsirkan Sabda Nabi diatas bahwa, yang berbicara itu Alquran dan diam adalah kematian. Artinya, memahami makna yang terkandung dalam Alquran merupakan cara baginya dalam menasihati diri, dan melalui merenung beliau mengingat adanya kematian.

Namun, Imam Ghozali menganalogikan sebuah nasihat dengan zakat. Beliau mengatakan, barang siapa yang sudah mencapai nisab, maka ia wajib mengeluarkan zakat.

Sehingga, dari analogi tersebut Imam Ghozali mengarang kitab Bidayatul Hidayah, sebagai wujud melaksanakan petuah dari gurunya setelah mengambil nasihat darinya untuk dirinya sendiri.

Bersambung…

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Darimana Datangnya Cinta Kita Kepada Baginda Nabi Muhammad SAW?

Catatan Kecil Pengajian Umum Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Bersama : Habib Hasanain bin Muhammad bin Yahya Selasa, 01 November 2022 Dengan khidmat, dalam...

Labbaik Allahumma Labbaik, Sambut Kepulangan Jamaah Haji KBIHU PATWA

Alhamdulillah Sabtu 30 juli 2022 pada pukul 04.40 dini hari, pesantren Attarbiyatul Wathoniyah menyambut Kedatangan Jama'ah Haji, yang tergabung dalam KBIHU PATWA. Jamaah haji KBIHU...

Sambut Tahun Baru Hijriah, PATWA Gelar Pawai Obor Bersama Santri dan Masyarakat

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam (1 Muharram 1444 H), Pesantren PATWA gelar pawai obor bersama santri dan masyarakat. Antusiasme santri dan masyarakat mertapada,...

Reuni Akbar Alumni PATWA Bakal Digelar Tahun Depan

Alumni Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) bakal menggelar Reuni Akbar Alumni PATWA tahun depan. Acara direncanakan berlangsung selama tiga hari, 5 - 8 Syawal 1444...

Recent Comments

Rohmah on ALAM BERNYANYI
Rohmah on ALAM BERNYANYI
Bang Syatori on MEMBUMIKAN TUHAN
Suheli on MEMBUMIKAN TUHAN