Saturday, December 4, 2021
Home Profile Meneladani Kang Muslih yang Rajin Bersedekah

Meneladani Kang Muslih yang Rajin Bersedekah

Ratusan santri, dewan guru dan alumni Pesantren Attarbiyyatul Wathoniyah (PATWA), Rabu sore (10/11/2021) tampak menghadiri peringatan tahlil dan doa untuk 100 hari wafatnya Sesepuh PATWA KH Moh Muslih.

Acara dibuka dengan Tawassul yang dipimpin KH Tajuddin Zain. Selanjutnya, Tahlil dipimpin KH Anas Abdullah Syifa Buntet Pesantren, Pembacaan Ayat Suci Al – Quran oleh Ust Abdul Hadi, dan ditutup dengan doa yang dipimpin KH Wawan Arwani Buntet Pesantren.

Kang Muslih adalah cucu pendiri PATWA Almaghfurlah KH Ahmad Syathori. Beliau putera dari pasangan Amaghfurlah KH Afifuddin dan Ny Hj Rokhmah.

Semasa hidupnya, Kang Muslih dikenal rajin bersedekah. Kedermawanannya kerap dipraktikkan kepada para santri, alumni hingga masyarakat umum. Salah seorang santri ndalem PATWA, Alimuddin sedikit mengisahkan tentang beliau.

Alim menilai, Kang Muslih adalah sosok yang hobi melayani santri dan masyarakat dengan cara bersedekah. Beliau kerap memberikan makanan kepada para santri setiap selesai agenda rutin mingguan pesantren. Seperti Marhabanan, Rotiban hingga Istighosah.

Kang Muslih juga selalu mengasih uang kepada para santrinya selepas yayasan PATWA mengadakan agenda besar. Seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj, Imtihan dan Khotmil Qur’an.

“Setelah acara selesai semua, saya diminta Kang Muslih untuk mencatat keaktifan para santri selama jadi panitia acara. Kriterianya dibagi menjadi tiga, yakni panitia aktif, panitia tidak begitu aktif dan panitia malas. Setelah itu Kang Muslih memberikan uang kepada mereka semua, sesuai hasil penilaian saya, ” katanya.

Selain itu, Kang Muslih seringkali mengadakan makan bersama para santri. Bahkan Kang Muslih sendirilah yang mengambil lauk makanan dan membagikannya ke mereka. Prinsip beliau, jangan sampai ada santri yang tidak mendapatkan jatah lauk makan. Kalaupun ada, beliau segera menyediakannya lagi.

Selain itu, Kang Muslih sering mengajak para santri bertamasya. Terutama saat sebelum masuk bulan ramadan.

Alim menambahkan, Kedermawanan Kang Muslih juga kerap diterapkan kepada masyarakat. Contohnya, setiap olahraga jalan pagi, Kang Muslih kerap menyapa para warga. Sambil jalan pagi, tak jarang Kang Muslih membeli makanan sarapan pagi ke warung-warung milik warga.

“Setiap jogging Kang Muslih seringkali membeli makanan sarapan pagi ke setiap warung-warung warga yang posisinya berjejeran. Di tempat tersebut semua jenis makanan beliau beli. Seperti nasi kuning, nasi lengko, nasi ketan hingga berbagai jenis gorengan, ” ungkapnya.

Santri Harus Punya 5 Jenis Tabungan

Kang Muslih seringkali berpesan kepada para santri untuk rajin menabung. Sebab dengan menabung akan membuatnya terbiasa bersedekah kepada orang lain. Kang Muslih pernah dawuh, ‘Uang tidak akan habis kalau kita sering bersedekah dengan ikhlas’.

Menurut Kang Muslih, manusia itu harus memiliki lima tabungan. Pertama, tabungan untuk keluarga. Kedua, untuk sedekah. Ketiga, untuk orang tua. Keempat, untuk orang lain yang meminta kerena kebutuhan mendesak. Terakhir, untuk haji dan umroh.

“Kalau belum bisa menabung kelima jenis itu, minimalnya punya tabungan pertama (keluarga) dan kedua (sedekah) ,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Mu’izz
Editor: Abdul Ghoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ketua Yayasan Ajak Warga Bantu Pengecoran Langgar PATWA

Renovasi Langgar atau Musholla Pesantren Attarbiyyatul Wathoniyah (PATWA) telah berlangsung sejak Ahad, 7 November 2021 kemarin. Pembangunan ini tak lepas dari pelibatan para santri, alumni...

Percepat Renovasi, Santri dan Alumni Giat Ikuti Progres Pembangunan Tajug PATWA

Dari hasil pantauan di lapangan, terhitung dari tanggal 7 November 2021 hari pertama renovasi tajug PATWA, Minggu (07/11/21). Setiap harinya puluhan santri dan alumni...

Kang Jazlie, Alumni PATWA Jadi Ketua Lakpesdam PCINU Sudan

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan dan Badan Otonom PCI Muslimat NU Sudan Masa Khidmat 2021-2022 dilantik pada Ahad (14/11/2021) kemarin, bertempat di...

Meneladani Kang Muslih yang Rajin Bersedekah

Ratusan santri, dewan guru dan alumni Pesantren Attarbiyyatul Wathoniyah (PATWA), Rabu sore (10/11/2021) tampak menghadiri peringatan tahlil dan doa untuk 100 hari wafatnya Sesepuh...

Recent Comments

Rohmah on ALAM BERNYANYI
Rohmah on ALAM BERNYANYI
Bang Syatori on MEMBUMIKAN TUHAN
Suheli on MEMBUMIKAN TUHAN