Monday, September 20, 2021
Home Berita Khidmat Ikuti Acara di Penghujung Ramadhan 1442 H

Khidmat Ikuti Acara di Penghujung Ramadhan 1442 H

Di malam ke-29 ramadan, halaman pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) Mertapada, dipenuhi ratusan santri yang hendak mengikuti rangkaian acara. Doa Takhtimul Kutub ngaji pasaran, hataman tadarus Al Quran hingga Bahtsul Masa’il di penghujung malam ramadan. (Senin, 10/5/21).

Tepat pukul 09.30 WIB, rangkaian acara pada malam itu di mulai. Doa bersama dalam rangka Takhtimul Kutub dipimpin oleh Drs. KH. A’shomuddin menjadi acara pembuka. Dilanjut dengan salam-salaman bersama para santri juga kepada kiai-nyai, asatidz-asatidzah dan dzurriyah PATWA.

Hal ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu para alumni dan santri. Pasalnya, dengan momen halalbihalal seperti ini, mereka merasa semakin dekat dengan guru-guru mereka.

“Bersyukur, ramadan tahun ini masih bisa mengaji di PATWA sampai selesai. Alhamdulillah juga guru-gurunya diberikan kesehatan sehingga bisa hadir langsung di momen halal bihalal penutup ngaji ramadan”, ucap Ismi, salah satu alumni PATWA.

Setelah khusyuk bersalam-salaman, seluruh santri kembali duduk rapih untuk mengikuti doa hataman tadarus al quran. Tak lupa, tradisi bagi-bagi nasi tidak pernah ketinggalan usai pembacaan doa.

Setelah itu, tentu tak ketinggalan pula untuj bersua foto. Hal ini diantara yang menjadikan suasana menjadi ceria, tepatnya pada saat menyerukan sebuah jargon, semangat mereka begitu membara.

Rangkaian acara belum tuntas, sekitar pukul 22:30 sejumlah dewan guru, alumni dan santri, beberapa diantaranya lanjut mengikuti acara Bahtsul Masa’il.

Bahtsul Masa’il ini merupakan sebuah forum membahas masalah-masalah terkini dan yang sedang ramai diperbincangkan atau sering dialami masyarakat. Di dalamnya merumuskan suatu permasalahan kemudian mencari solusi/jawaban terkait masalah-masalah tertentu dengan merujuk pada berbagai kitab salaf sebagai sumber rujukannya.

Pada kesempatan kali ini, forum Bahtsul Masail dimoderatori oleh saudara Abdul Fattah Saputra yang lebih akrab dipanggil Mas Fatah. Beliau adalah salah satu alumni PATWA, sekaligus tamatan PPHM Lirboyo tahun 2021. Kegiatan semacam ini sudah lumrah di lakukannya, sehingga untuk mengatur jalannya Bahtsul Masail ia sudah terbiasa.

Selain digelar secara langsung di Langgar PATWA, bahtsul masa’il pun disiarkan langsung melalui akun Resmi Media PATWA diataranya, Fanspage: Yayasan PATWA, Instagram: @pesantren.patwa dan Youtube: Pesantren PATWA.

Kemudian di akhir siaran langsung, Shobih Muhamad Fakkar selaku Direktur Media Center PATWA. Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih, kepada seluruh hadirin dan yang menyaksikan secara langsung melalui akun resmi Media PATWA.

“Kami segenap kru Media Center dan Pengasuh Pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA), mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh hadirin dan penonton yang bersedia mengikuti serangkaian acara kegiatan selama bulan ramadhan”. Ungkap Shobih di akhir siaran langsung di akun Instagram @pesantren.patwa .

Dengan keterbatasan waktu yang sudah menunjukkan larut malam, di dalamnya atas kesepakatan forum, pembahasan ini sepakat dicukupkan dengan menghasilkan 2 rumusan masalah yang telah terjawab. Kemudia  As’ilah selanjutnya Insya Allah akan dilanjutkan di lain waktu.

Fatimaturrohmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ketakdziman Kang Muslih kepada Gurunya

Dalam keadaan sakit dan tempuh perjalanan jarak jauh, tak menyurutkan semangat Kang Muslih untuk mendapatkan barokah dari gurunya.   KH Moh Muslih mondok di Pesantren Lirboyo...

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Kang Muslih Wafat

اِنَّا لِلَّهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ Kabar duka datang dari keluarga, dewan guru, santri dan alumni pesantren PATWA. Sesepuh pesantren PATWA KH Moh Muslikh berpulang ke...

Khidmat Ikuti Acara di Penghujung Ramadhan 1442 H

Di malam ke-29 ramadan, halaman pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) Mertapada, dipenuhi ratusan santri yang hendak mengikuti rangkaian acara. Doa Takhtimul Kutub ngaji pasaran,...

Bergiat di Sepertiga Ramadhan

Oleh: Abdul Ghoni Dapat kita hitung bersama, Sepertiga atau 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini merupakan pembagian dari tiga fase. Dijelaskan oleh Imam Al...

Recent Comments

Rohmah on ALAM BERNYANYI
Rohmah on ALAM BERNYANYI
Bang Syatori on MEMBUMIKAN TUHAN
Suheli on MEMBUMIKAN TUHAN