Thursday, October 28, 2021
Home Inspirasi Keutamaan Menulis Bismillah 113 Kali Pada Tanggal 1 Muharram

Keutamaan Menulis Bismillah 113 Kali Pada Tanggal 1 Muharram

Selain pembacaan doa awal tahun dan puasa sunnah, salah satu yang spesial bagi ummat islam di tanggal 1 Muharram adalah menulis lafal basmalah / bismillah sebanyak 113 kali. Para ulama memandang, praktik tersebut merupakan salah satu wujud pengaplikasian teori dari Ulumul Qur’an.

Penulisan bismillah sebanyak 113 kali di tanggal 1 Muharram ini memiliki keistimewaan dan pahala yang besar. Sesepuh Yayasan PATWA, KH. Saefudin M.Pd, dalam ceramahnya pada acara malam tahun baru hijriah 1442 (19/08/20) di Halaman Yayasan PATWA mengatakan bahwa:

“Barangsiapa yang menulis bismillah sebanyak 113 kali, dalam setiap menulisnya dibarengi dengan membaca sholawat, maka dirinya dan keluarganya yang ada di rumah tersebut akan terjaga”, ungkapnya.

Penjelasan KH Saefuddin tersebut sejalan dengan pendapat Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy rahimahullah, dalam kitab Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar halaman 92.

Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy rahimahullah mengatakan:

“Siapa saja yang menulis بسم الله الرحمن الرحيم
Sebanyak 113 kali pada tanggal 1 Muharram di atas kertas, maka dirinya dan keluarganya akan diberikan perlindungan dari segala mushibah dan keburukan selama seumur hidup.”

Cara Menulis

Dokumentasi Kegiatan Penulisan Basmalah 113 PATWA, 1 Muharram 1441 H
Dokumentasi Kegiatan Penulisan Basmalah 113 PATWA, 1 Muharram 1441 H

Imam Muhyiddin Zadah dalam kitab Hasyiyah Tafsir al-Baidhawiy juz 1 halaman 45 mengutip riwayat dari Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Rahimahullah yang menyatakan:

طولوا الباء وأظهروا السين ودوروا الميم تعظيما لكتاب الله

“Panjangkan huruf Ba dan perjelas huruf Sin dengan giginya, dan bulatkan uruf “Mim dan Ha” dengan memperjelas lubang ketika menulis بسم الله sebagai bentuk penghormatan kepada al-Qur’an ketika hendak menuliskannya”

(Muhammad Abdul Ghani)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ketakdziman Kang Muslih kepada Gurunya

Dalam keadaan sakit dan tempuh perjalanan jarak jauh, tak menyurutkan semangat Kang Muslih untuk mendapatkan barokah dari gurunya.   KH Moh Muslih mondok di Pesantren Lirboyo...

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Kang Muslih Wafat

اِنَّا لِلَّهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ Kabar duka datang dari keluarga, dewan guru, santri dan alumni pesantren PATWA. Sesepuh pesantren PATWA KH Moh Muslikh berpulang ke...

Khidmat Ikuti Acara di Penghujung Ramadhan 1442 H

Di malam ke-29 ramadan, halaman pondok Pesantren Attarbiyatul Wathoniyah (PATWA) Mertapada, dipenuhi ratusan santri yang hendak mengikuti rangkaian acara. Doa Takhtimul Kutub ngaji pasaran,...

Bergiat di Sepertiga Ramadhan

Oleh: Abdul Ghoni Dapat kita hitung bersama, Sepertiga atau 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini merupakan pembagian dari tiga fase. Dijelaskan oleh Imam Al...

Recent Comments

Rohmah on ALAM BERNYANYI
Rohmah on ALAM BERNYANYI
Bang Syatori on MEMBUMIKAN TUHAN
Suheli on MEMBUMIKAN TUHAN